-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Bupati Lahat Menyesalkan Masih Adanya ASN yang Membolos Usai Libur Cuti Hari Idul Fitri 1444 Hijriah

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, April 26, 2023, 17:02 WIB Last Updated 2023-05-27T09:08:41Z


    Lahat
    , - Upaya Bupati Lahat,  Cik Ujang, SH dalam menegakkan disiplin aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Lahat, dilakukan dengan melakukan insfeksi mendadak (Sidak)  kehadiran pegawai dihari pertama masuk kerja setelah libur hari raya idul fitri 1444 H.  


    Menggunakan sepeda motor, Cik Ujang,  mendatangi satu persatu kantor dinas di Lingkungan Pemkab Lahat. Cik Ujang sempat menggelengkan kepala dan menyesalkan saat mendapati masih banyaknya ASN yang tak masuk kerja.


    Bahkan, saat sidak di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pertanahan (RKPP) Pemkab Lahat sebagian besar ASN tidak berada di kantor.  Yang ada hanya pegawai,  Kepala Dinas RKPP Limbra Naupan,  tidak ada dikantor.  Pintu ruang kepala dinas sendiri terkunci.  


    "Kepala Dinas RKPP ini mencontohkan yang tidak baik.  Dengan alasan menunggu pegawai datang ke rumah untuk halal bihalal di tidak masuk kantor hari ini. Masak pegawai 42 orang yang hadir hari ini cuman 11 orang "ungkap Cik Ujang,  Rabu (26/4/2023). 


    Tidak hanya di Dinas RKPP,  di Bappeda,  PU Bina Marga, Dinas Perhubungan,  Dinas Kesehatan, BPKAD masih ada ASN yang bolos.  Cik Ujang, sendiri mendapati berbagai alasan ASN yang bolos.  Mulai acara halal bihalal,  menghadiri acara keluarga dan alasan lain.  


    "Sudah diberi waktu libur. Masih juga bolos.  Sebagai abdi negara kerja menjadi prioritas utama.  Masak karna ada yang sedekahan bolos kerja,"sesalnya.  


    Cik Ujang sendiri menegaskan akan memanggil seluruh ASN yang tidak hadir dan untuk saknsi sendiri akan disesuaikan dengan ketentuan yang ada.  "Saya ingatkan lagi.  Banyak sekali yang ingin jadi ASN.  Nah,  harusnya pegawai sekarang bersyukur.  Kalau memang masih mau kerja sebagai ASN harus rajin,  disiplin dan harus amanah dalam menjalankan tugas sebagai ASN, "tegasnya.  


    Sebelumnya, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengingatkan, kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) jajaran Pemkab Lahat untuk langsung masuk kerja seperti biasa, usai cuti bersama dan libur lebaran. Kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk dapat memperhatikan pegawainya agar jangan sampai menambah liburan.


    Menurut Cik Ujang, pemerintah pusat sudah berikan cuti dan libur lebaran cukup panjang di tahun ini. Dimulai Rabu (19/4/2023) sampai Selasa (25/4/2023), mengikuti ketetapan libur nasional. “Kalau sudah waktunya masuk, semuanya harus masuk, jangan nambah libur,” kata Cik Ujang, Selasa (25/4/2023).


    Bagi ASN yang molor dalam berlibur lebaran, sanksi jelas akan menanti. Tentunya sesuai pelanggaran yang dilakukan. Karena itu, kepala OPD dipinta untuk bisa lakukan pengawasan dan mencegah ASN lakukan pelanggaran disiplin karena molor libur lebaran. “ASN adalah abdi negara yang bisa jadi pioneer di tengah masyarakat. Karena itu sikap dan perilaku ASN harus mencerminkan yang baik,” 


    Penulis  : Raju Yuslin

    Editor    : Hendra, SE

    Komentar

    Tampilkan