-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Bupati Kaur Bersama Kapolres mengikuti rapat koordinasi lintas sektor Dengan kementerian

    Metronewstv.co.id
    Friday, April 7, 2023, 07:53 WIB Last Updated 2023-05-27T09:09:49Z


    KAUR
    , - Bupati Kaur H. Lismidinato, SH, MH bersama Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman, S.IK, M.IK, M.Si bersama PJU Polres Kaur dan beberapa kepala OPD mengikuti rapat koordinasi lintas sektor dengan kapolres dan kementerian. Tentang Persiapan Pengamanan Idul Fitri 1444H/2023M di ruang vidcon polres Kaur, Kamis (04/06/2023).


    Menteri PMK prof. DR Muhadjir Effendi, M.A.P. dalam sambutannya menyampaikan, puncak arus mudik diperkirakan H-1 (Jumat, 21 April 2023), dengan potensi mobilitas 18,7 juta orang (15,1%). peningkatan diperkirakn H-3 (Rabu 19 April 2023). Kementerian Perhubungan memprediksi pada lebaran 2023 jumlah penumpang domestik mencapai 123,8 juta yang mayoritas menggunakan transportasi pribadi.


    “Selama satu tahun terakhir, kita berhasil mengamankan event Mudik Lebaran 2022, dimana Presiden mengucapkan terima kasih dan masyarakat puas dengan kinerja pemerintah dalam mengatur dan menangani arus mudik,” ujar Menko PMK dalam arahnya. 


    Menko Pembangunan manusia dan Kebudayaan menghimbau adanya penambahan pengamanan pada acara Mudik Lebaran 2023, karena pergerakan masyarakat diperkirakan meningkat dibandingkan tahun 2022. Lebaran tahun 2023 45,8 persen atau 123,8 juta orang, meningkat 44,8 persen atau 38,3 juta dibandingkan Lebaran 2022 yang sebesar 31,6 persen atau 85,5 juta orang. 


    Hal senada disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., upaya Polri guna menekan jumlah laka lantas pada ops ketupat 2023 yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 15 hari dari tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. Pertama, melakukan pemetaan jalur rawan laka melalui analisa data dan anatomi laka pada tahun sebelumnya. Kedua, meningkatkan edukasi perilaku mengemudi yang aman dan sosialisasi pada jalur rawan laka dengan memasang himbauan memasuki lokasi rawan laka dan rambu portable.


    Ketiga, bekerjasama dengan stakeholders yakni Dishub dan Menkes melakukan uji kelayakan kendaraan dan memeriksa kesehatan pengemudi di terminal atau titik pemberangkatan mudik lainnya. Terakhir, berkoordinasi dengan stakeholders yakni Dishub, Pemda dan PUPR terkait pemenuhan sarpras penunjang seperti perbaikan jalan yang rusak, penambah jumlah rambu, serta menambah tempat peristirahatan bagi pemudik.


    Usai mengikuti rapat tersebut Kapolres Kaur AKBP Eko Budiman, S.IK, M.IK, M.Si saat dikonfirmasi mengatakan, Polres Kaur bersama Forkopimda dan stakeholder terkait serta potensi masyarakat turut mensukseskan agenda tahunan dan agenda rutin untuk menjaga arus mudik dan arus balik yang dilakukan masyarakat pada Idul Fitri 1444 H nanti.


    “Bersama stake holder kita akan turut menjaga mudik biar aman, nyaman dan selamat” Ujar Kapolres. 


    Sesuai arahan Kapolres di awal pertemuan, Kapolres menyampaikan bahwa Polres Kaur akan melakukan Operasi Ketupat selama 14 hari, bersama jajaran kepolisian dan pemangku kepentingan dengan membentuk pengamanan, pelayanan dan posko terpadu.


    Dalam Operasi Ketupat 2023, Polres Kaur akan menyiapkan titik pelayanan di Desa Linau, serta titik pengamanan di Pantai Laguna dan Pantai Pengubaian yang menjadi destinasi wisata, tutup Kapolres


    Penulis : Ilpitar

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan