-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Suport Peningkatan Perekonomian Masyarakat dan UMKM Desa Melalui Pagelaran Seni Budaya

    Metronewstv.co.id
    Monday, March 13, 2023, 09:24 WIB Last Updated 2023-05-27T09:12:00Z


    BANYUASIN
    , - Puluhan stan makanan ramikan Pagelaran Seni Budaya dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di acara dalam pagelaran seni kuda lumping bersama Paguyuban Seni Rukun Suntoso Turonggo Satu Budi, berbagai macam produk makanan berjajar di sepanjang jalan seputaran kantor Desa Suka damai, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Ini merupakan bentuk dukungan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengabungkan pagelaran seni dan peningkatan UMKM desa yang disuport oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Banyuasin, Noor Ishmatuddin.


    ” Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali dan menampilkan potensi usaha masyarakat desa Trukan sehingga dapat di  bumingkan dan akhirnya dapat meningkatkan perekonomian. Karena ternyata walaupun warga kami mayoritas bertani yang di luar bertani juga banyak dan ini juga harus punya panggung sendiri dan inilah tempat mereka untuk menampilkan karyanya”, kata Noor Ishmatuddin.


    Tampak antusiasme ratusan masyarakat begitu besar, hal ini terlihat dari pengunjung yang begitu membludak mengunjungi pagelaran seni budaya kuda lumping dan pamera stan olahan makanan UMKM di seputar panggung hiburan, di sekitaran halaman kantor desa. Terlebih saat Wakil Ketua DPRD Kab. Banyuasin memborong seluruh makanan yang ada, agar bisa dinikmati oleh masyarakat yang datang ke pagelaran ini secara gratis.


     "Selain menjadi sarana hiburan masyarakat, kesenian ini juga menjadi salah satu media peningkatan ekonomi dan kerajinan masyarakat desa, para pedagang bebas mempromosikan dagangan dan hasil kerajinannya melalui stan yang ada, serta hal ini bisa menjadi edukasi untuk generasi muda," katanya.


    Dirinya juga menambahkan, dalam pagelaran seni budaya yang dilakukan secara road show ini, tidak hanya berfokus pada penampilan budaya kuda lumping saja, namun aspek kesejahteraan masyarakat sekitar juga harus diperhatikan. Kegiatan ini juga sebagai upaya menghidupkan kembali geliat UMKM di Desa yang sempat terpuruk selama pandemi Covid-19 lalu, bahkan bidang seni dan budaya juga mengalami masa terpuruk sejak dihantam pandemi Covid, padahal potensi seni budaya di Desa ini sangat besar dan bisa menjadi penyalur kegiatan positif bagi warga desa.


    “Niat kami sejak awal ingin mengangkat lagi UMKM desa. Kami melihat UMKM di Desa Sumberejo ini meredup sejak pandemi. Jadi kami mewadahi UMKM melalui Pagelaran Seni Budaya dan UMKM dengan memanfaatkan momen pagelaran seni budaya jawa ini," tambah Sekretaris DPC Gerindra Banyuasin ini.


    Sementara warga masyarakat Desa Suka damai, Kecamatan Tanjung Lago menyambut sangat baik kegiatan yang baru kali pertama digelar seperti ini. Warga yang hadir mencapai ratusan ini tidak hanya warga Desa Sukadamai saja, namun  juga dari beberapa desa dan kecamatan sekitar. 


    "Banyak pengunjung dan pelaku UMKM meminta agar durasi waktu kegiatan itu diperpanjang. Beberapa warga lain menyarankan supaya kegiatan ini sering-sering digelar, dan saya akan terus usahakan berjalan, sehingga seni budaya, serta perekonomian UMKM desa terus berkembang," tutup Noor Ishmatuddin.pungkas nya.


    Penulis : Alam

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan