-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    RDPU lanjutan Respon Harga Gabah, Berikut Harapan DPRD Sumbawa barat Ke Pemerintah KSB

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, March 14, 2023, 12:39 WIB Last Updated 2023-05-27T09:11:54Z


    Sumbawa Barat
    , - Dalam merespon trend harga yang turun di bawah HPP, Kembali Komisi II menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang ke dua kalinya di musim panen saat ini dengan memanggil Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Barat, Badan Urusan Logistik (Bulog Sumbawa), Mitra Bulog, dan Lembaga Pemerhati Pertanian ( KTNA dan PERHIPTANI Sumbawa Barat), Senin 6/3/2023.


    RDPU dipimpin oleh ketua Komisi II Bpk. Aheruddin Sidik, SE., ME membahas persoalan harga dasar gabah (HDG) yang merosot di bawah Harga Pembelian Pemerintah (HPP), dimana berdasarkan Keputusan Badan Pangan Nasional HPP terbaru naik dari Rp 4.200 per kg menjadi sebesar Rp.4.550 per kg untuk Gabah Kering Panen (GKP) ditingkat petani.


    Ketua Komisi II beserta anggota komisi yang hadir dengan tegas meminta Bulog merealisasikan janjinya untuk menyerap gabah petani di Sumbawa Barat sesuai HPP sebagaimana rekomendasi RDPU sebelumnya. Selain melakukan intervensi ketika harga gabah berada di bawah HPP, Bulog dimita untuk memperbesar PO bagi mitra Bulog di Kabupaten Sumbawa Barat agar gabah petani bisa terserap lebih banyak dari saat ini.


    Berdasarkan klarifikasi Kepala Dinas Pertanian, Ir. Muhammad Saleh, M.Si., puncak panen padi di Sumbawa Barat terjadi pada Maret 2023. Dari pemantauan yang dilakukan di beberapa wilayah sudah ada yang habis panen.  Sementara harga pembelian GKP di tingkat petani menurut laporan kepada Dinas Ketahanan Pangan, Ir. M.Amin Sudiono, sudah menyentuh angka Rp.4300 per kg hingga Rp.4000 per kg. Dinamika harga gabah tersebut dibenarkan oleh Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) dan Perhiptani Sumbawa Barat dan bahkan pada wilayah tertentu harga gabah terjun bebas disaat banjir Taliwang pada medio Februari 2023.


    Ketua KTNA juga meminta agar Satuan Tugas (Satgas) Pangan diaktifkan guna mengontrol praktik penyerapan gabah dan penetapan HDG dilapangan.

    Menanggapi permintaan Komisi II, Pihak Bulog menyatakan siap menyerap gabah petani melalui Mitra Bulog di Sumbawa Barat berapapun jumlahnya.  


    Setelah melalui rapat yang alot, Ketua Komisi II Aheruddin Sidik, SE., ME, mengambil simpulan RDPU sebagai berikut:


    1. Meminta Pemerintah Daerah melalui Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Barat untuk secepatnya menginisiasi rapat dengan Bulog dan Mitra guna menentukan langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah merosotnya harga gabah petani.


    2. Meminta Bulog untuk memperbesar PO mitra di Kabupaten Sumbawa Barat.


    3. Meminta Pemerintah Daerah untuk mengkaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Pangan di Kabupaten Sumbawa Barat.


    4. Meminta Bulog untuk membeli gabah kering panen petani dengan HPP terbaru sebesar Rp.4.550 per kg.


    5. Meminta Bulog untuk memperbanyak Mitra Bulog di Kabupaten Sumbawa Barat. 


    (Fitra/MN)

    Komentar

    Tampilkan