-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Puluhan Tahun Tak Beraktifitas, Kantor dan Mess PT. Lahan Cakrawala yang Ada di Pinoh Selatan, Kebun Karet di Penuh Semak Belukar

    Metronewstv.co.id
    Friday, March 17, 2023, 16:27 WIB Last Updated 2023-05-27T09:11:32Z


    Melawi, Kalbar
    , - Sejumlah warga di Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi, mempertanyakan keberadaan Perusahaan HTI PT. Lahan Cakrawala, di wilayahnya.


    Sejak beberapa tahun belakangan ini perusahan yang bergerak di bidang perkebunan Karet tersebut di nilai belum ada kepastian untuk di lanjutkan, belum terlihat kegiatan Replanting ulang tanam karet oleh perusahaan, hampir seluruh lokasi telah di penuhi semak belukar.


    Salah satu tokoh masyarakat Pinoh Selatan Jailani, berharap adanya  kepastian perusahaan untuk kembali melakukan persemaian / pembibitan (Replanting) kembali di lahan tersebut seperti yang pernah di janji janjikan pihak perusahaan kepada warga beberapa tahun lalu.

    Imbas tak beroperasi nya prusahan HTI penghasil getah karet tersebut, sejumlah warga desa manggala dan desa sekitarnya terpaksa harus mencari pekerjaan keluar daerah lain seperti kerja sawit,dan pekerjaan lainnya.


    “Pantauan awak media ini,di sepanjang lokasi kebun karet, telah di penuhi semak belukar dan di tumbuh pohon besar, bahkan fasilitas kantor dan mess perusahaan itu pun terlihat berantakan di bongkar oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi. 


    Penasaran, Awak Media ini pun mencoba menanyakan kepada penjaga kebun, Jito, dia mengatakan tidak tau saat bangunan kantor dan Mes di bongkar orang "Ndak tau juga bang, sepertinya di bongkar pada malam hari,soalnya kalau siang hari saya sering keliling sekitar lokasi. ungkap", Jito.


    Lanjut Jito, beberapa waktu lalu  Bos perusahaan ini sering datang ke lokasi, menyampaikn dalam waktu dekat akan memulai kagiatan kembali di kebun ini secara bertahap", Jelas dia Kamis, 16/03/2023


    Sementara itu mantan camat Ardiansyah,S.Sos.M. Siyang pernah bertugas sebagai camat  di kecamatan Pinoh Selatan saat dimintai keterangan Awak Media ini melalui via whatsapp mengatakan,selama dirinya menjabat sebagai cat di wilayah itu, pihak perusahaan belum pernah melakukan koordinasi terkait kepastian perusahaan tersebut', ucapnya Jumat, 18/03/2023


    "Sejak saya menjabat Camat di Pinoh selatan, belum pernah ada pihak perusahaan yang datang melakukan koordinasi kepada saya terkait seperti apa tindak lanjut kedepan PT Lahan Cakrwala." Jelas nya.


    Sampai berita ini dilansir belum ada konfirmasi resmi dari pihak perusahaan, kendati demikian, warga masyarakat di wilayah Pinoh selatan sangatlah berharap perusahaan penyadapan getah karet itu dapat beroperasi kembali, menyerap tenaga kerja dan menjadi salah satu sumber penunjang Pendapatan asli daerah Kabupaten Melawi ( PAD)


    Penulis : Musa

    Editor: Admin 

    Komentar

    Tampilkan