-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Polres Muaraenim Terbanyak Ungkap Kasus Ops Senpira Rakitan Musi 2023

    Metronewstv.co.id
    Monday, March 13, 2023, 21:02 WIB Last Updated 2023-05-27T09:11:57Z

    Muaraenim,- Polres Muara Enim menggelar Konferensi Pers Pasalnya sejak tanggal 23 Februari - 10 Maret 2023, jajaran kepolisian resort (Polres) Muara Enim berhasil mengamankan 94 Senjata Api Rakitan (Senpira) dan mengungkap 9 kasus dan 9 pelaku pada Operasi Senpira Musi Tahun 2023. Senin (13/3/2023).


    Menurut Kapolres Muara Enim Polda Sumsel, dalam Operasi Senpira Musi Tahun 2023 tersebut, kita berhasil mengumpulkan dari serahan masyarakat sebanyak 94 Pucuk Senpira yang terdiri dari 75 Laras Panjang dan 19 Laras Pendek serta 7 amunisi.


    Sedangkan dari hasil ungkap kasus berhasil mengamankan 9 tersangka dengan barang bukti 3 pucuk senjata api laras panjang dan 6 pucuk senjata api laras pendek serta 12 butir amunisi kaliber 5,57 mm dan 8 butir amunisi kaliber 9 mm, 2 butir amunisi kaliber 7,62 mm, 2 butir amunisi kaliber 7,92 mm. 


    Diterangkan Kapolres dalam Ops Senpira Musi 2023 sebelumnya pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat serta kerjasamanya kepada pemerintah daerah maupun kecamatan serta desa untuk menghimbau agar bagi yang memiliki senpira dapat diserahkan secara sukarela dan pihaknya yang akan menjamin tidak akan dikenakan sanksi pidana.


    Namun sebaliknya jika telah dihimbau tetapi tetap tidak menyerahkan secara sukarela dan tertangkap maka akan kita proses secara hukum seperti contoh 9 tersangka ini yang akan dikenakan Pasal 1 Ayat 1 Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951.


    Andi menjelaskan, motif pelaku dan masyarakat menyerahkan senjata api rakitan ini dengan motif untuk menjaga diri dan menjaga kebun mengusir hama babi.

    Namun, apapun alasannya masyarakat tidak boleh memiliki dan menyimpan senjata api rakitan tanpa izin.


    Mengingat Muara Enim selalu meraih tiga besar dalam giat operasi senjata api rakitan (Senpira) Musi, pihak Polres Muara Enim tentu akan menelusuri dan mencari tahu darimana asal Senpira tersebut.

    "Untuk sementara informasinya mereka dapat dari membeli kalau home industri perakitan senjata api  kita tidak bisa sampaikan disini karena masih kembangkan dan lidik," tegasnya.


    Terakhir, Kapolres mengucapkan terima kasih atas kesadaran masyarakat Muara Enim atas kesediannya menyerahkan Senpira di Polsek-Polsek jajaran Polres Muara Enim, dan memang dari awal kita instruksikan  disetiap satuan yakni Satreskrim wajib untuk mengungkap kasus Senpira, karena hal ini kita lakukan demi terciptanya Kamtibmas di wilayah hukum Polres Muara Enim.



    Penulis : Alisaiin

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan