-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Ketua Dekranasda Dampingi Dinkes NTT Beri Penyuluhan Gizi Makanan di SMAN 6 Kupang

    Metronewstv.co.id
    Friday, March 24, 2023, 14:32 WIB Last Updated 2023-05-27T09:11:01Z


    KUPANG, -
    Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, Julie Sutrisno Laiskodat mendampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) NTT, Ruth Laiskodat serta para pengelola UMKM kunjungi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kota Kupang serta beri penyuluhan gizi makanan ke para siswa/siswi, Jumat 24 Maret 2023.



    Pantauan awak media, para siswa/i beserta para guru dan Ketua Dekranasda tersebut hadir sekitra 05:00 Wita didampingi Kepala Dinas Kesehatan NTT. Diawali kegiatan aktivitas pagi dengan senam di halaman sekolah.



    Kepala Dinkes NTT Ruth Laiskodat mengatakan beberapa poin yang pertama, untuk siswa baik pria maupun wanita serta para guru sehat apabila istrahat cukup 8 jam. Jadi total istrahat sehari itu minimal 8 jam. Pada poin kedua kepala Dinkes menjelaskan pola makanan bergizi di bagi ke Karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan. Lalu di poin ketiga Ia menjelaskan dalam belajar para anak-anak harus gembira. Diuraikan kepala Dinkes bahwa, "pada hari jumat di birokrasi itu olahraga sehingga hari ini kita bergabung untuk olahraga seperti tarian-tarian daerah/modern karena itulah yang di suka anak-anak, ungkapnya.



    "Anak-anak stunting itu, otak tidak berkembang bagus serta fisik maka akan mengakibatkan tidak berkreasi, tidak cerdas," tambahnya.


    Maka hari ini (sambungnya), kita memberikan penyuluhan kenapa anak-anak harus di beli tablet tambah darah khususnya putri, seminggu 1 kali agar ia bisa tumbuh menjadi remaja yang sehat, tandasnya.



    Ditempat yang sama, Bunda Julie Laiskodat yang dimintai tanggapannya ia menjelaskan, suatu aktifitas yang dimulai sebelum matahari terbit akan menimbulkan kesehatan. Dikarenakan (kata Bunda),  tanggal 5 kami akan mengundang orang pembicara untuk sekaligus memberikan motivasi, dan memberi contoh orang-orang sukses di dunia itu karena aktivitasnya di mulai dari jam 5 pagi, pungkasnya.


    Lanjutnya, ia menjelaskan alasan kenapa melibatkan Dinas Kesehatan dikarenakan, untuk membantu dalam pencegahan penurunan stunting. Karena pada bulan agustus itu sekitar 14% yang mana sekarang sudah 15,7%, beber Bunda Julie yang juga anggota DPR RI Fraksi Nasdem.


    Sebagai ketua Dekranasda NTT Julia Laiskodat sangat apresiasi dan salut kepada para UMKM yang berjumlah 6. Jadi saya kagum juga karena mereka yang berinisiatif mencari saya untuk mengingatkan sarapan pagi itu penting, nah kalau memang ini SMA 6 ujicobanya benar-benar berhasil menghasilkan kualitas yang bagus, jelasnya.


    Kemarin (kata Bunda), kami rapat bersama para kepala sekolah namun ada 10 sekolah yang bersedia di bulan juni masuk jam 5, tandasnya.


    Sementara Kepsek SMAN 6 mengaku bahwa, "kami sangat percaya karena, sejak diterapkan, seluruh orangtua siswa sangat mendukung hingga saat ini tidak ada yang komplen oleh karena itu setiap orang-orang sukses yang berkunjung kesini, kami akan youtubekan, bebernya.


    "Tentu kedepannya kami semua mendukung program ini." Pungkasnya.



    Alberto

    Komentar

    Tampilkan