-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Kab. Banyuasin

    Sports

    Gubernur Kalbar Sutarmidji, Bersama Wakil Bupati Melawi Drs, Kluisen Hadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Melawi Tahun 2024

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, March 14, 2023, 20:57 WIB Last Updated 2023-05-27T09:11:50Z


    Melawi, Kalbar
    , – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Melawi Tahun 2024, Selasa, (14/3/2023).


    Kegiatan yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, di buka oleh Wakil Bupati Melawi Drs.Kluisen, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Wakil dan Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Forkopimda Kabupaten Melawi, Sekretaris Daerah Melawi.


    Dalam kegiatan tersebut juga turut dirangkaikan dengan penyerahan dana Hibah Pesparawi, serta bantuan Dana Hibah Gereja, Masjid dan Pesantren.


    Dalam Pidatonya, Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji mengatakan Musrembang RKPD Kabupaten Melawi kali ini merupakan salah satu tahapan yang sangatlah penting dalam proses penyusunan RKPD kabupaten Melawi tahun 2024 yang sekaligus merupakan pelaksanaan dari amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah serta beberapa peraturan pelaksanaannya.


    Pada tahun 2022 indikator pertumbuhan ekonomi kabupaten Melawi menunjukkan nilai yang cukup baik yakni 4,90% jika dibandingkan dengan kondisi tahun sebelumnya (2021) sebesar 4,54% walaupun masih berada dibawah angka pertumbuhan ekonomi provinsi Kalimantan Barat sebesar 5,07%. Berbagai Upaya harus terus dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya upaya yang harus dilakukan yakni dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam, meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur, serta meningkatkan investasi dengan mempermudah perizinan," Ucap Gubernur Kalbar.


    Persentase penduduk miskin kabupaten Melawi sebesar 11,44% tertinggi diantara 14 kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2022 kabupaten Melawi menunjukkan angka sebesar 1,95% lebih baik dari tingkat Pengangguran Provinsi sebesar 5,11%. Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Melawi tahun 2022 adalah sebesar 66,81% berada dibawah capaian provinsi sebesar 68,81%, jelasnya.


    Saya Berharap Program dan Kegiatan yang disepakati dalam Musrenbang RKPD kabupaten Melawi tahun 2024ini adalah Program dan Kegiatan yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat di daerah serta mendukung pencapaian Indikator kinerja di dalam RPJMD Kabupaten Melawi, Harap H. Sutarmidji.


    Sementara itu, Wakil Bupati Melawi Drs. Kluisen mengucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur Kalimantan Barat beserta OPD Provinsi Kalimantan Barat di Kota Juang Nanga Pinoh dan Terimakasih Atas kesediaan Bapak/Ibu untuk hadir dalam kegiatan ini.


    Tujuan utama penyelenggaraan Musrembang tingkat Kabupaten adalah dalam rangka menyusun dan menetapkan rencana pembangunan tingkat kabupaten yang wujud kongkrit nya adalah menghimpun dan membahas usulan-usulan yang telah disepakati pada Musrembang tingkat Desa dan Kecamatan", Ucapnya.


    Dan dalam Rangka menyelaraskan Tema pembangunan dengan arah kebijakan tersebut, Ditetapkan Prioritas pembangunan daerah yaitu penguatan pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan, peningkatan pelayanan dasar masyarakat, Pembangunan Insfratruktur dasar, dan Peningkatan kapabilitas sumber daya aparatur menuju Good Governance, tutup Drs. Kluisen.


    Penulis : Erik

    Publies : Musa

    Komentar

    Tampilkan