-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Undana Kupang Sebagai Tuan Rumah Pra Temu BEMNus XVI, Rektor : Mereka Harus Jadi Agen Perubahan

    Metronewstv.co.id
    Monday, February 27, 2023, 21:35 WIB Last Updated 2023-05-27T09:12:57Z


    KUPANG, -
    Gelar Temu Nasional XIV di Banten, menetapkan Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Pra Temu Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEMNus) yang digelar di Gedung ICT Center Kampus Undana Kupang, Senin, 27 Februari 2022.

    Dengan tema "Aktualisasi gerakan Mahasiswa Nusantara dalam mewujudkan pembangunan negara berkeadilan", ini pun dihadiri oleh Rektor Undana Kupang, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M Sc., Wakapolda NTT, serta instansi pemerintahan kota Kupang, Hadir juga Koordinator pusat BEM Nusantara, Sekretaris Pusat dan Koordinator Nusantara Bali Nusra serta Presiden Mahasiswa Undana.


    Sambut baik pelaksanaan kegiatan ini, Wakapolda NTT mengatakan, tentu sangat baik karena dengan adanya kegiatan ini para Mahasiswa bisa saling bersilaturahmi dari berbagai BEM yang ada di seluruh Indonesia. 


    "Selain itu, acara ini merupakan wadah bagi aliansi BEM Nusantara untuk menyamakan visi dan misi dalam membangun BEM Nusantara yang lebih baik kedepannya", ujarnya.


    Dikatakannya, Mahasiswa adalah kalangan akademis yang memiliki tempat tersendiri di dalam masyarakat. Potensi, kelebihan, dan kemampuan yang dimiliki tidak bisa disamakan dengan rakyat lain karena kontribusinya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara tidak bisa dianggap remeh. Inilah beberapa peran mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat.

     

    "Mahasiswa tidak hanya sekadar datang kekampus untuk belajar dan bertemu teman. Mereka sudah cukup dewasa untuk memiliki idealismenya Sendiri, yaitu kebenaran yang murni diyakini oleh mereka tanpa terpengaruhi oleh pihak lain", kata Wakapolda NTT.


    Lanjut Wakapolda, atas dasar inilah, mahasiswa menjalankan fungsi penting dalam kehidupan bermasyarakat mahasiswa juga sebagai kontrol sosial sangatlah penting. mahasiswa berfungsi untuk melakukan kontrol kepada hal-hal yang bertentangan dengan nilai keadilan di masyarakat. 


    "Untuk caranya ialah dengan memberikan saran, kritik, serta solusi bagi permasalahan sosial di masyarakat maupun bangsa. untuk itu saya mengajak para mahasiswa melihat indonesia di waktu yang lebih jauh, 20-30 tahun mendatang ketika sekali lagi para mahasiswa akan menerima kepemimpinan di negeri tercinta ini", jelasnya.


    Disamapikan juga, sebagai generasi muda, mahasiswa harus menjadi agen pembaharuan. Jadi tidak boleh ada pengkotak-kotakan agama, kesukuan.


    "Sebagai calon-calon pemimpin bangsa, para mahasiswa untuk menanamkan rasa nasionalis dalam diri, tanpa memandang suku, agama, maupun antar golongan. Kalian ini calon calon pemimpin, mungkin ada yang jadi bupati, wali kota, pengusaha dan lain sebagainya, tapi kalian sudah harus tanamkan bahwa kalian adalah nasionalis sejati. 


    "Kita semua tentu sepakat bahwa, pembangunan multi aspek NTT dapat menjadi daerah yang maju khususnya di bidang pariwisata", tandas Wakapolda NTT.



    Disela-sela itu, Rektor Universitas Nusa Cendana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M Sc., Mengatakan bahwa, Pengurus organisasi kemahasiswaan yakni BEM Nusantara ini menjadi motor untuk menggerakaan mahasiswa berpikir analitik, inovatif, dan konstruktif, tentu saja mereka medentifikasi adanya berbagai permasalahan-permaslahan di masyarakat, serta kebijakan pembangunan, ungkapnya.


    Terlepas dari itu, (sambung Rektor), tentunya juga, ada solusi, ada rekomendasi tentang bagaimana kita memperbaiki itu. Namun yang terpenting lagi, mereka harus menjadi agen perubahan itu sendiri, tandasnya.


    Alberto L

    Komentar

    Tampilkan