-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Pelaksanaan P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    Metronewstv.co.id
    Saturday, February 11, 2023, 14:38 WIB Last Updated 2023-05-27T09:14:17Z


    Pekalongan
    , - Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.


    Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kmetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. Pada tahun ajaran 2022/2023 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.


    Ditemui di ruanganya  Kepala Sekolah SMP Negri 1 Karanganyar Cipto  Surono mengatakan pelaksanaan P5 di SMP Negeri 2 Karanganyar menggunakan sistem entertainment dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Perhitungan waktu pelaksanaan P5 dalam 1 tahun 486 jam pelajaran atau 30% dari alokasi total jam pelajaran. Terdapat 3 Projek dalam 1 tahun, sehingga tiap projek memiliki alokasi waktu 162 JP.


    Dalam satu tahun memilih tiga tema yang harus di projekan, 3 projek tersebut yaitu:

    ➢  Proyek 1 dengan tema kewirausahaan,

    ➢  Proyek 2 dengan tema kearifan lokal,

    ➢  Proyek 3 dengan tema bangunlah jiwa dan raganya.


    SMP 1 Negeri Karanganyar melalui syamsudin memberikan materi tentang kegiatan menjadi seorang entertainment . Dari kegiatan tersebut siswa diberi arahan oleh Eli Kartika selaku narasumber dan Edi W selaku creator dan video editor.


    Penulis: Riki

    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan