-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Kunjungan Kerja, Bupati Luwu ke PT, Bumi Mineral Sulawesi

    Metronewstv.co.id
    Saturday, January 28, 2023, 13:57 WIB Last Updated 2023-05-27T09:15:33Z


    Bupati Luwu
    , - Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd melakukan kunjungan kerja ke PT BMS di Desa Karang-karangan, Kec Bua, kab, Luwu, provinsi Sulawesi Selatan,  kamis (26/1/2023).


    Dalam kunjungan kerja Bupati Luwu bersama Kepala Bapenda, Andi Palanggi, Kadis Perhubungan, Supriadi, Kadisnakertrans, H Saiful Abdul Latief dan Camat Bua, H, Satti Latief.


    Dalam kunjungan kerja Bupati Luwu ke PT, Bumi Mineral Sulawesi dan  diterima langsung oleh Direktur Utama PT. BMS, Drs. H. Suhaeli Kalla, Direktur, Afifuddin Suhaeli Kalla dan Site Manager, Zulkarnaen.


    Mengawali pertemuan antara pemerintah Kabupaten Luwu dengan Pihak PT. BMS, Zulkarnaen memberikan gambaran sejauh mana progres pembangunan yang telah dilaksanakan BMS.


    “Saat ini kita sementara melakukan pembangunan pabrik Smelter Ferro Nickel dan Smelter Nickel Sulfat Battery Grade ungkap" Zulkarnaen.


    Dijelaskan Zulkarnaen, PT. BMS nantinya tidak melakukan penambangan diKabupaten Luwu melainkan pabrik yang dibangun untuk mengolah biji nikel dari Kabupaten Kolaka. Sulawesi tenggara 


    pengangkutan bahan baku dari kolaka Sulawesi tenggara   melalui laut dan kita sementara membangun fasilitas sehingga tidak mengganggu pengemudi lain nya,  atau aktifitas dijalan poros ters Sulawesi, adapun Sumber air diambil dari Lekopini sejauh 8 KM, pembangunan bendung dan jalur pipa sudah mencapai progres 20 persen”, jelas ungkap Zulkarnaen.


    Menambahkan penjelasan Zulkarnaen, H Suhaeli mengatakan hasil produksi dari pabrik ini sangat dicari-cari oleh dunia.


    “Jika sudah memproduksi ini akan menjadi pertama di Indonesia, Nikel Sulfat yang dihasilkan akan menjadi bahan baku battery mobil listrik. Setiap pabrik nantinya membutuhkan sekitar 1000 orang pekerja," ungkap H, Suhaeli.


    H Suhaeli juga menyampaikan ucapan terima kasih pemerintah daerah kabupaten Luwu  beserta jajarannya atas bantuannya sehingg pembangunan pabrik PT. Bumi Meneral Sulawesi (BMS) terus berjalan.


    Menerima penjelasan dari direksi PT. BMS, Bupati Luwu, H Basmin Mattayang merespon baik dan berharap dengan kehadiran PT. BMS dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kabupaten Luwu. 


    “Harapan kita semoga terjadi peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Luwu terkhusus lagi masyarakat yang ada di keca Bua. Perekrutan tenaga kerja harus memprioritaskan masyarakat lokal disekitar perusahaan. Presentasenya  minimal 70-80 persen masyarakat lokal Kabupaten Luwu”, ungkap H Basmin Mattayang.


    Selain itu, H Basmin Mattayang juga secara tegas mengingatkan agar jangan ada calo calo dalam perekrutan tenaga kerja.


    “Calo ini akan merugikan dan memberatkan calon tenaga kerja karena pasti akan memungut biaya dari calon tenaga kerja. Maka sya meminta kepada PT. BMS hindari calo-calo itu”, ungkap H, Basmin mattayang M, Pd, 


    Untuk mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai yang dibutuhkan, Bupati Luwu, H, Basmin mattayang M,Pd menyarankan PT. BMS bekerjasama dengan Disnakertrans dalam proses perekrutan tenaga kerja dan manfaatkan kehadiran Balai Latihan Kerja Disnakertrans yang berada di area PT. BMS untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja


    (Kr)

    Komentar

    Tampilkan