-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Jelang Ujian SKU Kegiatan Latihan Pramuka Di tingkatkan

    Metronewstv.co.id
    Sunday, January 29, 2023, 21:52 WIB Last Updated 2023-05-27T09:15:29Z


    Oku selatan
    , - Anak-anak Pamuka SDN 04 dan SMPN 02 Sinar Marga Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku selatan giat melaksanakan latihan Pramuka Jelang ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang di ikuti oleh 80 peserta dan bertempat di lapangan sekolah SDN 04 Mekakau ilir. (28/01/2023)


    Adapun kegiatan latihan pramuka yang dilaksanakan  2 kali/minggu yakni hari Kamis dan Sabtu dari pukul 02 sore hingga pukul 05 sore  WIB. 


    "Model sekarang lebih di tekankan untuk giat latihan, terutama LKBB (Latihan Kecakapan Baris Berbaris). 


    Menjelang persiapan pelantikan naik tingkat pramuka Penggalang Ramu Rakit Terap, anak-anak pramuka di haruskan lebih menguasai LKBB, karena untuk naik tingkat syarat tambahan utamanya akan di uji tentang LKBB nya,"jelas kaka pembina. 


    Dalam sambutannya saat Apel pembukaan,Bapak Kwaran Mekakau ilir Ibnu Kholidi menyampaikan pada kata sambutannya, "anak-anak pramuka dituntut agar menyelesaikan uji SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) sesuai dengan tingkatan-tingkatannya masing-masing.


     Adapun Ujian SKU yang harus di selesaikan oleh tingkat penggalang Ramu antara lain Hafal dan mengerti isi Dasadharma dan Trisatya, mengetahui arti lambang Gerakan Pramuka, dapat dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hafal pancasila dan tahu artinya. 


    Bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, mengetahui struktur organisasi dan tanda-tanda pengenal dalam gugus depan, dapat mengucap kalimat syahadat dan tahu artinya, mengerti rukun Iman dan rukun Islam, melakukan salat berjamaah. 


    Adapun tes untuk penggalang Rakit antara lain Bersungguh-sungguh mengamalkan Dasadharma dan Trisatya, Tahu hari-hari raya nasional dan sejarah sedikitnya 3 orang Pahlawan Nasional, mengetahui susunan Pemerintah Daerah Tingkat II sampai ke desa, dapat menyajikan satu macam kegiatan seni budaya, mengetahui adat sopan santun pergaulan Indonesia, dapat memimpin barisan Pramuka, hafal dan dapat membaca doa harian, mengetahui riwayat singkat Nabi Muhammad saw dan lain-lain,"paparnya. 



    Lebih lanjut ia juga berharap, Selain Ujian SKU anak-anak pramuka SMPN 02 Mekakau ilir juga di haruskan uji SKK (Syarak Kecakapan Khusus) seperti SKK masak, pengamat, berkebun, sholatS, qori, muadzin, penabung, pengatur rumah, pengatur meja makan, pemimpin menyanyi, penyanyi, juru gambar dan lain-lain,"tambahnya.


    Kegiatan Pramuka ini sangat di dukung oleh Kepala sekolah SMPN 02  Mekakau ilir Husniati S.Ag sekaligus sebagai ka Mabigus. Beliau berharap, Kegiatan Pramuka diajarkan sesusai dengan aturan pelajarannya. Bahkan beliau berpesan kepada Pembina Pramuka agar lebih meningkatkan aktivitas pramuka. 


    “Kalau anak-anak sudah memenuhi materinya nanti dalam pelatihan, kita akan adakan perkemahan di luar dan menguji hasil pemahaman materi pramuka selama ini yang mereka dapat, dan saya siap mendukung kegiatan tersebut. Sebab kegiatan Pramuka adalah salah satu program Pemerintah untuk menjadikan generasi muda berjiwa patriotisme dan berjiwa sosial nantinya,” ungkap beliau. 


    Penulis : Masdin

    Editor : sartel

    Komentar

    Tampilkan