-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Desa Naga Rantai Punya Potensi Wisata Pedesaan Siap Bangun 2023

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, January 3, 2023, 22:19 WIB Last Updated 2023-05-27T09:17:39Z


    Kaur,–
    Desa Naga Rantai Kecamatan Padang Guci Hulu yang salah satu  memiliki potensi wisata, yang terletak di daerah Cukhup Embun sebelah Barat dan Air Terjun Pikhikan terletak di Desa Naga Rantai, akan di bangun tahun 2023.



    Potensi wisata lokal yang ada di desa Naga RrantaI Kecamatan Padang Guci Hulu ada wisata alam terbuka, interaksi dengan lingkungan, dan masyarakat lokal, ada dua lokasi pertama Air Terjun Cukhup Embun dan yang kedua Air Terjun Pikhikan. 



    Awak media menghubungi Kades Naga Rantai Sukmanadi via handphone. Selasa (03/01/2023) mengatakan, "Potensi yang dimiliki desa Naga Rantai ada Air Terjun Cukhup Embun dan Air Terjun Pikhikan yang bisa di jadikan wisata desa, yang bisa dinikmati oleh masyarakat nantinya, ujar Kades.



    "Karena wisata merupakan salah satu sumber penghasilan dan mampu memberikan sumbangan yang sangat baik untuk kemandirian desa. Maka kami sudah membuat perencanaan dan program dibangun tahun 2023 ini, pungkasnya.



    "Program dan perencanaan pengelolaan potensi wisata Air Terjun Cukhup Embun dan Air Terjun Pikhikan, ini merupakan hal utama untuk menuju desa wisata. Bagaimana cara mengelola potensi desa kami untuk menjadi Wisata, tentu kita berharap kepada pemerintah baik Pusat, Provinsi Maupun Kabupaten untuk mendukung kegiatan ini," Pungkasnya.



    "Karena mengelola potensi desa untuk dijadikan tempat wisata merupakan hal yang cukup sulit. jika seluruh masyarakat tidak ikut mengambil peran dalam mengelola. Meskipun memiliki potensi yang sangat baik tetapi lingkungan masyarakat tidak mendukung, bisa jadi seluruh potensi tersebut bisa tidak memiliki hasil atau malah akan diambil oleh kelompok dari luar desa sendiri."



    Maka Prinsip pengembangan desa wisata adalah sebagai salah satu produk wisata alternatif yang dapat memberikan dorongan bagi pembangunan desa yang berkelanjutan dengan dukungan semua pihak.



    Sukmanadi selaku kepala Desa Naga Rantai berharap kepada Pemerintah agar kiranya memberikan Suport, dukungan dan bantuan modal untuk membangun wisata Air Terjun Cukhup Embun dan Air Terjun Pikhikan yang terletak di Desa Naga Rantai Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Tutup Kades.



    Penulis : Ilpitar

    Editor : Admin/Filsuf T

    Komentar

    Tampilkan