-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Bupati Melawi Dadi Sunarya UY Berikan Apresiasi, Yang Tinggi Pelaksanaan Acara Tradisi Adat Dallok Suku Uut Danum

    Metronewstv.co.id
    Sunday, January 8, 2023, 10:11 WIB Last Updated 2023-05-27T09:17:14Z


    Melawi, Kalbar
    , - Indonesia, pulau borneo khususnya merupakan pulau yang kaya raya dengan keberagaman budaya, dan keragaman budaya di Indonesia kita wujudkan dalam bentuk upacara-upacara Adat Upacara adat yang merupakan salah satu bentuk Adat-Istiadat kebiasaan masyarakat Indonesia yang mempunyai Nilai-Nilai luhur bagi kehidupan masyarakat sekitarnya.


    Semua itu kita lakukan sebagai bentuk nyata  manusia supaya dapat mengenangkan  Arwah atau Roh para Leluhur dan bentuk menyelaraskan diri akan alam dan lingkungan luas yang ada di masyarakat kita. 


    Upacara Adat-istiadat ini dikenal sebagai turun temurun salah satu warisan nenek moyang dari masing-masing daerah yang telah dijaga dan dilestarikan sampai hari ini. 
     Walaupun sekarang perkembangan zaman semakin maju dan modern , namun
    Upacara adat tidak akan pernah dilupakan oleh  khususnya masyarakat yang kental akan Adat istiadat, termasuk salah satunya Adat “Dallok” yaitu masyarakat Suku Dayak Uut Danum wilayah  kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau di Kabupaten Sintang,dan termasuk yang berada di wilayah Kabupaten Melawi Kalbar ini. 


     "Upacara Adat “Dallok” merupakan penghormatan tertinggi kepada keluarga yang telah meninggal. Dalam acara ini yang di dallokkan,yakni : Almarhum orang tua kami, Felix Themuoi bin Kiham, kakek kami Felik Kiham dan nenek kami Maria Ipoi",ucap Felix Triudadin kepada Media ini melalui pesan Whatsp Sabtu, 07/01/2023


    "Saya Felix Triudadin bersama keluarga besar tentu dengan sangat senang hati bisa melaksanakan kewajiban kami terhadap para leluhur kami, sebagai mana Adat istiadat kami Dayak Uut Danum dan acara ini berlansung selama 3 hari dari 4-7 januari 2023 di jalan Sertu Nanga Pinoh Melawi. 


    Kami anak-anak dari Almarhum, dari 7 bersaudara mengucapkan terimakasih kepada smua pihak, baik kepada panitia dan Pemkab Melawi dan Sintang yang sudah hadir dalam acara tersebut, juga berterimakasih kepada IKADUM Melawi dan juga IKADUM sintang baik Polres Melawi serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya prosesi Adat Dayak Dallok tersebut dengan lancar dan kondusif. 
    Felix bersama 7 orang bersaudara anak-anak dari almarhum Felix Themuoi Bin Kiham (Asal dari Serawai Kab. Sintang) yang sudah lama hidup berdomisili di Kabupaten Melawi.


    Hadir dalam acara kegiatan ini Wakil Bupati Melawi Drs,Kluisen beserta OPD dan undangan lainnya.


     Bupati Melawi Dadi Sunarya UY dalam  sambutannya, disampaikan oleh Wakil Bupati Drs, Kluisen menyampaikan Atas nama Pemerintah Kabupaten Melawi sangat mendukung dan mengafresiasi pelaksanaan adat, tradisi budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat sejak dulu bahkan ratusan tahun yang lalu. hal tersebut merupakan kekayaan budaya yang harus di jaga serta di lestrarikan, di tengah serbuan budaya luar yang mungkin tidak sesuai dengan adat istiadat masyarakat kita",ucapnya.


    Pelaksanaan acara adat Dallok dari suku Uut Danum yang kita kenal dan kita hadiri hari ini, merupakan salah satu prosesi adat yang memilik nilai- nilai leluhur yang sangat tinggi, dan merupakan penghormatan tertinggi bagi keluarga  kepada Almarhum orang tua mereka, Felix Themuoi Bin Kiham Pada kesempatan yang baik ini,saya menghimbau kita semua untuk turut serta mensukseskan prosesi adat Dallok ini dengan menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan ini berlangsung pada 4- 7  januari,
    Selamat mengikuti acara adat Dallok ini, semoga berjalan dengan aman ,tertib kondusif dan lancar",ucap 
    Kluisen

     

    Penulis : Musa

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan