-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    1.377 Orang PPS Se-kabupaten Nisel Pada Lima Lokasi, Dilantik KPU Kabupaten Nias Selatan

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, January 24, 2023, 21:10 WIB Last Updated 2023-05-27T09:15:54Z


    Nias selatan
    , - KPU Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara sukses melaksanakan pelantikan serta pengambilan sumpah Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Nias Selatan yang diselengggarakan serentak di Lima Wilayah. Selasa, 24/01/2023


    Pada pelantikan ini di dasari pada pengumuman KPU Kabupaten Nias Selatan Nomor: 76/PP.04.1-pu/1214/2023 tanggal 23 Januari Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Wawancara Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Untuk Pemilihan Umum Tahun 2024, 


    Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Yulianus Gulo, SE menuturkan bahwa anggota PPS yang dilantik hari ini seluruhnya berjumlah 1.383 orang tetapi berhubung tiga desa di Wilayah Kecamatan Simuk Desa Silina Baru 2 orang, Desa Gobo Kecamatan Simuk 1 orang, dan kecamatan Pulau Pulau batu Barat Desa Hilizamurugo Tano 3 orang semua berjumlah enam orang,, sehingga PPS yang mengikuti pelantikan hari ini hanya berjumlah 1.377 orang saja.


    "Untuk Desa-desa yang belum memenuhi kuota, kita sudah koordinasi kepada Instansi Pendidikan dan Perguruan tinggi serta lembaga profesi. Tujuannya, agar Sumber Daya Manusia yang ada disana bisa ditempatkan sebagai PPS di beberapa Desa yang belum memenuhi kuota tersebut.  Jelas Yulianus.


    Lanjutnya, hari ini ada dua kegiatan yang dilaksanakan, yakni pelantikan PPS, setelah itu diteruskan pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).


    Usai pelantikan PPS, diteruskan pada kegiatan Bimbingan Teknis. Hal itu dilakukan mengingat tahapan yang sudah mendesak,” ungkapnya.


    Pada kesempatan itu Yulianus Gulo menyampaikan jumlah PPS yang dilantik khusus Wilayah tiga berjumlah 264 orang terdiri dari 88 Desa yang tersebar di Tujuh Kecamatan, berlokasi di Gedung Gereja ONKP Kecamatan Lolowau.


    Adapun wilayah pelantikan di lima lokasi, yakni :


    1. Wilayah I (satu) meliputi Kecamatan Telukdalam, Onolalu, Toma, Mazino, Lahusa, Sidua’ori dan Somambawa berlokasi di Aula Paroki Hati Kudus Yesus Telukdalam Kecamatan Telukdalam.


    2. Wilayah II (dua) meliputi Kecamatan O’o’u, Fanayama, Luahagundre, Amandraya, Ulususua dan Aramo, berlokasi di Kalabubu Cafe Desa Botohili Sorake Kecamatan Luahagundre.


    3. Wilayah III (tiga) meliputi Kecamatan Lolowau, Hilisalawa’ahe, Hilimegai, Onohazumba, Huruna, Lolomatua dan Ulunoyo berlokasi di Gedung Gereja ONKP Lolowau Kecamatan Lolowau.


    4. Wilayah IV (empat) meliputi Kecamatan Gomo, Boronadu, Ulu Idanotae, Umbunasi, Idanotae dan Susua berlokasi di Gedung Gereja BNKP Orsif Orahili Gomo Kecamatan Gomo.


    5. Wilayah V (Lima) Pulau Pulau Batu, Pulau Pulau Batu Utara, Pulau Pulau Batu Barat Hibala, Pulau Pulau Batu Timur, Simuk dan Tanah Masa berlokasi di Aula Santo Fidelis Pulau Tello Kecamatan Pulau – Pulau Batu.



    Pelantikan hari ini dimulai pukul 14.00 WIB, dan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Diteruskan pembacaan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan oleh Sekretariat KPU Kabupaten Nias Selatan, pengambilan sumpah dan pembacaan naskah pelantikan, serta penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji PPS yang dilantik, diteruskan dengan pembacaan/penandatanganan fakta integritas. Berikutnya kata-kata sambutan yang disampaikan oleh Camat Lolowau (Mewakili Undangan) dan sambutan dari anggota KPU Kabupaten Nias Selatan Yulianus Gulo.


    Hadir pada saat pelantikan pps tersebut di Wilayah tiga antara lain, Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Yulianus Gulo, Sekretariat KPU Kabupaten Nias Selatan Agus Admiral Lubis, Martin Abednego Siahaan, Faisal Ndruru, Septinus Duha, Camat Lolowau Foanoita Halawa, Kapolsek Lolowa,u AKP Aldof M. Purba, SH dan jajaran, Danramil 10 Lolowau yang diwakili oleh Serka Sintong Purba, tokoh Agama, Seluruh ketua PPK wilayah tiga, anggota Panwaslu Kecamatan Lolowau Merdin Halawa, S.Pd, seluruh anggota PPS terpilih, serta LSM/Pers".



    Penulis : ST

    Editor :  Sartel

    Komentar

    Tampilkan