-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Titin Suryani, S.Kep. Nets. M.Ap. Kepala UPT Puskesmas Muara Pinang Jemput Bola Menangani (ODGJ), Di Dampingi Ketua Lembaga LIN Dan Rekan Media

    Metronewstv.co.id
    Wednesday, December 7, 2022, 22:12 WIB Last Updated 2023-05-27T09:19:48Z


    Empat Lawang,Sumsel,–
    Kepala Puskesmas Muara Pinang' Titin Suryani, S.Kep. Nets. M.Ap. Giat hari Ini tengah fokus menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di wilayah Kecamatan Muara Pinang, dan Di Dampigi Ketua LIN Rekan Media di  Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. Rabu" (07/12/2022).



    DPC Lembaga Investigasi Negara Empat Lawang sangat mendukung dan mengapresiasi Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Puskesmas Muara Pinang terkait program bebas pasung dengan melakukan pendataan secara langsung yaitu door to door ke rumah untuk melihat langsung kondisi kesehatan masyarakat ODGJ dengan begitu, penanganan terhadap kondisi di lapangan akan semakin cepat terpantau. Cepat tanggap setelah mendapat informasi dari Lembaga Investigasi Negara. Hari ini jemput bola Desa Tanjung Tawang, Desa Lubuk Ulak, Desa Belimbing dan Desa Tanjung Kurung” Terang D – Arisandi Ketua DPC didampingi Sekjen Aprianto,ST.



    Kepala UPT Puskesmas Muara Pinang Titin Suryani,S.Kep.Ners.M.Ap. Di dampingi Dr. Gusti Arlan Tio dan Dr. M Rafli Haiqal dan tim medis lainnya mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Investigasi Negara dan awak media, Polsek Muara Pinang dan Kepala Desa setempat yang telah membantu memberikan informasi serta mendampingi kami di lapangan karena banyak warga yang tidak mengetahui kalau tetangganya ada ODGJ. Biasanya ODGJ disembunyikan karena dinilai memalukan pihak keluarga karena itulah kami tim medis Puskesmas jemput bola rumah ke rumah” Terangnya.



    Semoga ke depan Lembaga Investigasi Negara dan rekan media tetap menjadi mitra yang baik dengan Puskesmas Muara Pinang karena dengan informasi dapat mempermudah kinerja kami di lapangan” Ucap Kepala Puskesmas Muara Pinang.



    “Bahkan, pihak keluarga biasanya malu kalau ada anggota keluarga yang kena ODGJ. Makanya kita jemput bola untuk didata dan diberikan obat, kemudian kita imbau untuk datang ke Puskesmas jika obatnya sudah habis” tandasnya.



    Menurut  Dr. Gusti Arlan Tio didampingi Dr. M Rafli Haiqal menyampaikan, penyebab ODGJ adalah masalah ekonomi, lingkungan keluarga yang kurang harmonis, hingga pengaruh obat - obatan dan defresi di bawah tekanan. Ke depan akan kita full up secara terus menerus biar ke depan harapan kita pasiennya bisa sehat seperti semula” Terangnya.



    Kepala Puskesmas Titin Suryani menambahkan, target jemput bola bebas pasung di wilayah Kecamatan Muara Pinang selesai 100%. Pihak Puskesmas akan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial jika ingin di rujuk ke rumah sakit.



    Ketua Forum Kades Muara Pinang menyampaikan, saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Puskesmas Muara Pinang dan tim Dokter yang telah melakukan pelayanan door to door kepada warga ODGJ di wilayah Kecamatan Muara Pinang. Terima kasih juga kepada Lembaga Investigasi Negara dan rekan media. Semoga program tersebut berjalan lancar dan sukses selalu buat Kepala Puskesmas dan tim, kami berharap program tersebut terus berjalan karena sangat bermanfaat bagi Kepala Desa di Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang.



    Penulis : Hendrawansyah, SE

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan