-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Sambut Pilkades 09 Desember, Para Cakades As Manulea Gelar Pemaparan Visi, Misi Dan Raker

    Metronewstv.co.id
    Monday, December 5, 2022, 11:51 WIB Last Updated 2023-05-27T09:19:57Z


    Malaka,–
    Songsong pemilihan kepala desa pada tanggal 09 Desember 2022, para Cakades di Desa As Manulea, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka gelar pemaparan visi, misi dan program kerja di sekretariat panitia Pilkades dan disaksikan oleh masyarakat Desa As Manulea.


    Pantauan media di lokasi pada, Minggu (04/12/22) prosesi pemaparan visi, misi serta program kerja tersebut berlangsung di Kantor Desa As Manulea, yang terletak di Dusun Kakase B, ± selama 2 jam. 


    Kegiatan kampanye Visi Misi dan Raker tersebut dibuka secara resmi oleh ketua panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) As Manulea dan disaksikan oleh tamu undangan. Usai membuka kegiatan, selanjutnya panitia membacakan tata tertib agar diketahui bersama, baik cakades maupun masyarakat Desa As Manulea. 


    Selanjutnya acara pembacaan dan penandatanganan berita acara dihadapan para calon kepala desa dan masyarakat pendukung. Pihak-pihak yang menandatangani berita acara, antara lain: para kandidat calon kepala desa, pendamping para Cakades, serta perwakilan masyarakat dari masa pendukung kedua kandidat. 


    Usai pembacaan dan penandatanganan berita acara, para kandidat diberikan wewenang dan kesempatan yang leluasa untuk menyampaikan Visi, Misi serta Program Kerja (Raker) yang sudah dikantongi para Cakades itu. 


    Argidius Krispinus Tefa, S. IP  dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, jika ia terpilih dalam perhelatan Pilkades As Manulea, tujuan utama yang akan diraihnya adalah menciptakan gerakan perubahan menuju terwujudnya tata kelola pemerintahan Desa As Manulea yang baik, bersih serta berkemajuan.


    Sambungnya, guna meraih tujuan bersama (visi/impian) ada pula beberapa poin penting yang akan dieksekusinya bersama masyarakat Desa As Manulea, antara lain:


    1. Wujudkan dan meningkatkan serta meneruskan tata kelola pemerintahan desa yang yang demokratis, bersih, dan bebas dari segala bentuk penyelewengan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),


    2. Wujudkan kepemimpinan yang baik, bijaksana, tegas dan berwibawa dalam meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa yang berdaya saing,


    3. Wujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan desa As Manulea, serta meningkatkan kesehatan masyarakat desa sejalan dengan program pemerintah Kab. Malaka, serta mengoptimalkan kebersihan lingkungan Desa As Manulea,


    4. Kembangkan Ekonomi masyarakat desa dengan memanfaatkan potensi desa yang diwadahi melalui badan usaha milik desa (BUMDES) untuk membuka lapangan kerja untuk masyarakat desa,


    5. Wujudkan kehidupan sosial masyarakat desa As Manulea yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam aspek kehidupan berbudaya dan beragama dan meningkatkan  pengetahuan masyarakat desa melalui program literasi desa.


    Menurut Dius Tefa, guna mendukung Visi dan Misi yang akan ia langsungkan ketika terpilih menjadi Kepala Desa, maka ada pula beberapa program kerja yang akan digelarnya bersama masyarakat dari berbagai segi, meliputi:


    1. Bidang Pemerintahan; pembenahan  atau pelatihan bagi Aparatur Pemerintah Desa, Peningkatan pelayanan publik, Transparansi Keuangan, Sinergitas/Jalinan kerja sama bersama pihak BPD dan LPM,


    2. Bidang Pembangunan dan Perekonomian, meliputi; betonisasi, pembangunan jamban sehat/sarana, prasarana olahraga dan taman baca dan pemasaran hasil bumi masyarakat desa As Manulea,


    3. Bidang Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan lewat meliputi; bangun kerja sama dengan lembaga pendidikan, Hidupkan organisasi masyarakat dan karang taruna sebagai fungsi kontrol sosial, bentuk Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa guna meningkatkan SDM, kerja sama bersama tokoh adat/tokoh masyarakat untuk merelokasikan TPU.


    4. Bidang Pariwisata dan Seni Budaya melalui wisata adat dan wisata alam; kolaborasi dengan desa lain untuk menjadikan desa As Manulea sebagai destinasi wisata adat, menyulam padang luas yang ada di ruang lingkup Desa As Manulea sebagai spot wisata,  menghidupkan kembali orkestra suling bambu.


    Diakhir kata, alumnus Unika Kupang prodi Ilmu Pemerintahan itu mengajak seluruh masyarakat desa As Manulea  untuk selalu mendengarkan suara hati saat pemilihan nanti.


    "Songsong pemilihan kepala desa tanggal 09 mendatang, masyarakat desa diharapkan untuk mendengarkan suara hati. Karena, Desa As Manulea tidak kekurangan orang-orang hebat, yang cerdas dan orang pintar," ujarnya.


    Kesempatan lain, Oktovianus Kiik, A. Md menyampaikan visinya yakni; Berjuang Bersama Masyarakat Demi Kemajuan dan Kesejahteraan Desa As Manulea.


    Oktovianus pun dalam kesempatan itu menjabarkan misi yang akan ia tempuh, jika terpilih menjadi kepala desa As Manulea, yakni:


    1. Mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat secara terbuka dan transparan,


    2. Menjaga, memelihara dan meningkatkan sarana prasarana yang sudah ada,


    3. Memelihara dan mengembangkan budaya dan adat istiadat, Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui peningkatan kualitas pertanian, perkebunan dan peternakan,


    4. Menjalin kerja sama  dengan pihak terkait, Perguruan Tinggi, Pihak Swasta, LSM, serta Balai-balai besar Pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,


    5. Mengoptimalkan pelayanan kesehatan serta pendidikan bagi masyarakat desa secara maksimal.


    Bukan saja itu, Ketua Panitia Pilkades As Manulea, Marsel Seran diakhir kegiatan pemaparan Visi dan Misi serta program kerja para calon kepala desa As Manulea, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menciptakan situasi yang kondusif dan aman tentram jelang pemilihan nanti.



    "Saya minta kepada para kandidat yang  mencalonkan diri sebagai kepala desa agar tetap memantau serta menjaga kondisi masyarakat pendukungnya agar tidak muncul hal-hal yang tak diinginkan bersama. Sebab kandidat yang mencalonkan diri sebagai kepala desa ini adalah putra terbaik Desa As Manulea yang maju untuk bertarung dengan keinginan demi kemajuan Desa As Manulea," ungkapnya. 



    Untuk diketahui, prosesi pemaparan visi misi tersebut berlangsung kondusif tanpa hambatan. Turut hadir; Perwakilan Pemerintah Desa As Manulea, Panitia Pelaksana, Petuah Adat dari kedua kandidat, Tim Pendamping dan Kuasa Hukum dari kedua kandidat cakades, pihak keluarga serta masyarakat desa As Manulea.


    Penulis : Alberto

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan