-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Proyek Pembangunan IKN Nusantara di Curi Alat Beratnya, Polda Kaltim Akan Perbanyak Personel Jaga

    Metronewstv.co.id
    Tuesday, December 13, 2022, 21:35 WIB Last Updated 2023-05-27T09:19:16Z


    Penajam Paser Utara
    , - Aksi pencurian alat berat terjadi di proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


    Kasus tindak pidana pencurian alat berat milik kontraktor di lokasi proyek IKN Nusantara ini menjadi perhatian serius Polres Penajam Paser Utara dan Polda Kaltim.


    “Ada laporan masuk ke Polsek Sepaku beberapa waktu lalu mengenai tindak pidana pencurian alat berat.


    Informasnya, alat berat senilai kurang lebih Rp 200 juta  tersebut dicuri di lokasi pekerjaan proyek IKN ,” ungkap Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan kepada metronewstv,  selasa(13/12/2022)..


    Laporan pun langsung ditindaklanjuti bekerja sama dengan Satgas Operasi Nusantara Mahakam Polda Kaltim.


    Saat ini, kasusnya sedang dalam penanganan Polres PPU.


    “Tindakan melanggar hukum dapat menjadi kendala dalam kelancaran pembangunan IKN Nusantara. Ini menjadi atensi serius kepolisian,” tegasnya.


    Informasi yang diterima pada 2023 mendatang, personel kepolisian yang akan bertugas mengamankan proyek di IKN Nusantara akan ditambah 500 personel.


    Saat ini, sudah ada satu posko pengamanan milik Polda Kaltim di kawasan inti IKN Nusantara.


    Sementara,  Satlantas Polres PPU juga intens melakukan pengamanan lalu lintas di IKN Nusantara.


    Pasalnya lalu lintas kendaraan yang mengangkut material untuk proyek pembangunan IKN mulai masif.


    Belum lagi, kendaraan masyarakat yang lalu lalang maupun yang datang berkunjung ke IKN. Dikhawatirkan terjadi kepadatan arus lalu lintas di Kecamatan Sepaku.


    Kapolres  Hendrik Eka Bahalwan melalui Kasat Lantas Polres PPU AKP Ning Tyas Widyas Mita mengungkapkan, pengamanan lalu lintas sudah dilakukan sejak beberapa waktu terakhir.


    Kasat Lantas melanjutkan, pengamanan lalu lintas ini dilakuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di kawasan IKN Nusantara serta pengguna jalan baik kendaraan umum maupun kendaraan proyek tidak terganggu.


    Sistem pengamanan lalu lintas yang dilakukan bergantian dan setiap hari.


    Kondisi lalu lintas di Sepaku  saat ini, kata Kasat Lantas, cukup ramai. Kendaraan pengangkut material untuk pembangunan IKN lalu-lalang sejak pagi hingga malam hari.


    Kendaraan umum baik yang melintas maupun yang berkunjung ke IKN juga setiap hari berdatangan.


    Polda Kaltim Tingkatkan Pengawasan


    Polda Kaltim meningkatkan pengawasan dan pengamanan proses pembangunan IKN Nusantara, di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.


    Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto  menegaskan, pengamanan dan pengawasan selama proses pembangunan IKN Nusantara menjadi perhatian utama.



    Pengawasan dan pengamanan, lanjut dia, perlu ditingkatkan karena pembangunan infrastruktur IKN Nusantara yang dilakukan pemerintah pusat semakin banyak.


    Dalam upaya meningkatkan pengamanan dan pengawasan pembangunan IKN Nusantara, katanya, Polda Kaltim mendirikan Posko Nusantara.


    Polda Kaltim mendirikan Posko Nusantara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara yang ditetapkan di wilayah Kecamatan Sepaku.


    "Kami mendirikan posko agar personel Polri lebih dekat berada di kawasan inti IKN Nusantara yang didukung TNI untuk mengawal dan menjaga pembangunan IKN," kata Kapolda.


    Kemudian pembangunan jalan lingkar Sepaku, rumah susun pekerja, dan embung di kawasan inti IKN Nusantara.


    Pemerintah pusat bakal membangun Istana Negara, kantor kementerian, kantor lembaga negara lainnya, dan beberapa titik jalan tol penghubung IKN Nusantara pada 2023.


    Bahkan, Polda Kaltim akan menyiagakan sekitar 500 personel pada 2023 untuk mengawasi dan mengamankan kawasan inti IKN Nusantara.


    Ia mengatakan personel Polri yang sudah disiapkan bisa ditambah dengan melihat kondisi keamanan lingkungan, dan tingkat ancaman di wilayah proyek pembangunan IKN Nusantara. 


    Penulis : nofian sandi

    Editor : admin

    Komentar

    Tampilkan