-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Permabi Kefamenanu Melakukan Penghijauan Di Desa Upfaon

    Metronewstv.co.id
    Saturday, December 3, 2022, 20:39 WIB Last Updated 2023-05-27T09:20:01Z


    Kefamenanu,–
    Menyongsong Dies Natalis ke-14 Persatuan Mahasiswa Biboki (Permabi) Kefamenanu melakukan Reboisasi di Desa Upfaon Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Sabtu 3 Desember 2022.


    Wakil Ketua Permabi, Maximus Tanii dalam arahannya, "Hal ini dilakukan guna peduli terhadap lingkungan alam, karena melihat alam memiliki fungsi sebagai satwa marga, sebagai sarana wisata dan juga sarana penyimpanan air," tandas Waket itu.


    Masih Maximus, "Beranjak dari ini Permabi kefamenanu memilih melakukan reboisasi di desa upfaon karena melihat upfaon memiliki potensi yang sangat besar dalam memproduksi sumber air," ucapnya. 


    Tujuan dilakukannya reboisasi ini guna menjadikan sumber mata air yang berada di Desa Upfaon semakin produktif sehingga dalam penyaluran sumber air mampu menyeimbangi kebutuhan sumber air di wilayah ini, jelasnya.


    Selaku ketua panitia Dies Natalis Lusianus Oni Lalian mengatakan bahwa, tujuan reboisasi ini sebagai penghijauan kasih oleh karena kegiatan yang dilakukan ini selain bermanfaat bagi alam yang terjaga juga bagi manusia yang peduli terhadap alam, ungkapnya.


    Disela - sela itu, Kepala Desa Upfaon Yulius Tarsisius Kaesnube menjelaskan bahwa, "kita melakukan penghijauan ini di 4 sumber mata air besar dari Sakiki, manumuti, Liso,  Saina, jelasnya.


    "Oleh karena itu, seluruh anggota aktif Permabi dibagi dalam 4 kelompok untuk melakukan penanaman pohon di 4 tempat tersebut, pungkasnya.


    Selain anggota Permabi, ada juga dari Pemerintah Desa dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam penghijauan ini.


    Menanggapi pernyataan Maximus dan Lusianus, Ketua Bidang Pengabdian Pada masyarakat (BP2M) Melkianus Sonbai menyampaikan harapan dari reboisasi yang dilakukan di desa upfaon ialah mampu mumpuni sumber air bagi seluruh masyarahkat biboki selatan, menjadikan alam upfaon tetap asrih, serta selalu menggugah setiap manusia dimanapun berada untuk menjaga dan melestarikan alam disekitarnya, harap Sonbai.



    Penulis : Alberto

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan