-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

     

    Kendaraan Dinas yang Sudah Tidak Terpakai di Kabupaten Berau Akan di Lelang

    Metronewstv.co.id
    Saturday, December 10, 2022, 06:59 WIB Last Updated 2023-05-27T09:19:36Z


    Berau
    , - Dalam meminimalisir biaya operasional, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melakukan lelang aset berupa kendaraan dinas melalui E-Auction ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang.


    Dijelaskan Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Aset BPKAD Berau, Hasyim, pihaknya berharap hasil pengajuan dan penilaian bisa secepatnya berlangsung, agar lelang bisa dilaksanakan.


    "Ada beberapa unit dinas yang dilelang, yang jelas adalah mobil kendaraan roda empat. Jika tidak keluar dari pengajuan jadwal, maka pelelangan akan dilangsungkan di penghujung tahun 2022 ini," ujarnya kepada awak media, Kamis (8/12).


    Dirinya juga menjelaskan, bahwa pelaksanaannya bisa diikuti oleh seluruh pihak yang ingin melakukan lelang. Sementara, terdapat beberapa unit kendaraan yang diajukan, yakni delapan unit scrap roda empat yang dijadikan besi tua, tujuh unit kendaraan roda dua dari pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN), serta 17 unit kendaraan roda empat.


    "Jadi memang ada beberapa unit yang saat ini menjadi fokus kita untuk dilakukan pelelangan,"  imbuhnya.


    Sejauh ini, barang lelang tersebut dalam kondisi baik. Namun, karena ada penggantian unit baru, dan pelaksanaan yang mengharuskan mengikuti Undang-Undang terkait kendaraan pejabat negara, maka harus dilaksanakan penilaian.


    "Kendaraan memang dalam proses penilaian untuk kemudian ditindaklanjuti melalui mekanisme lelang yang nanti akan dilakukan di akhir tahun 2022 mendatang,"  jelasnya.


    Adapun pertimbangan dilakukannya lelang aset ini, antara lain pertimbangan mengingat biaya pemeliharaan jauh lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang diterima, dan jika tidak dioptimalkan melalui lelang, bisa jadi anggaran terbuang untuk pemeliharaan kendaraan tersebut.


    "Jadi ini bentuk optimalisasi anggaran juga untuk beberapa kendaraan lama, karena memang tidak bisa kita mungkiri bahwa ada banyak kendaran yang sudah tidak terpakai sehingga memang harus dilakukan lelang,"  tuturnya.


    Sehingga dirinya berharap agar jadwal lelang tersebut bisa segera dilakukan, mengingat jika semakin lama kendaraan tersebut didiamkan, maka akan ada biaya tambahan dalam perawatan kendaraan. "Semoga saja tidak ada gangguan dan bisa dilakukan lelang pada akhir tahun ini," tandasnya.


    Penulis: Nofian sandi

    Editor: Admin

    Komentar

    Tampilkan