-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metronewstv.co.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kominfo Nisel


    Dinkes Kab Nisel

    Sports

    Bangun Semangat Menanam di TTU, Robby Fanggidae Buka Kolaborasi Penghijauan

    Metronewstv.co.id
    Monday, November 28, 2022, 18:56 WIB Last Updated 2023-05-27T09:20:26Z


    Kefamananu,–
    Memasuki musim penghujan tahun ini yang memunculkan banjir dan berdampak erosi pada hampir sebagian besar daerah aliran sungai (DAS) di wilayah Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi atensi khusus keluarga besar INKANAS (INSTITUT KARATE-DO NASIONAL) Kabupaten Timor Tengah Utara.


    Bertempat di dua lokasi yang berbeda yakni bukit Neonbat Kelurahan Maubeli dan bantaran sungai km 4 dan km 5 kelurahan Maubeli Kota Kefamenanu di gelar penanaman 500 anakan pohon yang terbagi dalam 4 jenis pohon yaitu 100 anakan Merbau, 100 anakan tabubuya, 100 anakan sengon dan 200 anakan trambesi. Kegiatan ini digelar Minggu, 27 November 2022.

     

    Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 wita diawali dengan ritual adat di wilayah bukit neonbat oleh Usi Bene Sanak sebagai salah satu pemangku ulayat BIKOMI. 



    Kasad Resnarkoba Timor Tengah Utara, AKP Robby Fanggidae SH, sebagai Pendiri (INKANAS) TTU mewakili Ketua (INKANAS) TTU AKBP. Moh. Mukhson, S.H, S. I. K, MH, membuka kegiatan penghijauan dengan melakukan penanaman simbolis dipuncak bukit neonbat yang diikuti oleh ketua Mapala Universitas Timor kefamenanu Adi Kollo, ketua IMAPEN wili Bota, ketua LBH Robert salu and patners, Robertus Salu SH MH., perwakilan Green House, Inyo piris, Lemkari TTU, Agus Da Costa serta perwakilan dari atlit usia dini INKANAS dan LEMKARI TTU. 


    Mewakili Kapolres TTU AKP. Robby Fanggidae menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan.


    "Kegiatan bermartabat yang bertemakan "Gerakan penghijauan rawat area bantaran sungai"  merupakan inisiatif sekaligus program tahunan Inkanas TTU. Kegiatan ini bertujuan menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam," ujarnya.


    Lanjut ungkap Kasad Resnarkoba TTU ini juga menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai perangsang akan kepedulian terhadap alam.


    "Pembentukan mental Atlit usia dini lewat menanam dan merawat akan membuka pikiran dan perasaan mereka terhadap pentingnya sesama, alam dan tentunya sang pencipta. Lewat menanam dan merawat pohon juga atlet diarahkan untuk memahami bagaimana proses sebuah pohon tumbuh lewat berbagai rintangan fenomena alam. Begitupun seorang atlet harus melalui proses pembinaan fisik dan mental yang serius baru bisa jadi juara," Kata Robby sapaan akrabnya.


    Pada kesempatan yang sama di bantaran sungai km 4 dan km 5 kelurahan Maubeli, seusai penanaman 300 anakan pohon, salah satu pendiri INKANAS  TTU, Robby Binsasi, menyampaikan harapan dan terima kasih atas kolaborasi yang baik dari berbagai komunitas serta lembaga yang dengan antusias mendukung kegiatan penghijauan.


    "Harapan Saya terkait dgn  momentum ini anak-anak Karate INKANAS TTU bukan saja berlatih Karate saja tetapi melatih Mental untuk ikut peduli ingkungan hidup. Ucapan terima kasih juga atas dukungan penuh, berupa anakan pohon dari BPDASHL Binaan NOELMINA NTT," Ujar Binsasi.



    Penulis : Alberto

    Editor : Admin

    Komentar

    Tampilkan